kü pèrsémbähkän üntük yäng tèrkäsih

shinö ändrä

↑ Grab this Headline Animator

Sèlämät Dätäng Di Rümähkü Yäng Sèdérhänä Jängän Lüpä Tinggälkän Cömmèntnyä Yüä

Minggu, 16 Oktober 2011

Contoh Abstrak Media Pembelajaran

ABSTRAK
Suhendra, Penggabungan Computer Assisted Instruction (CAI) antara Software Pembelajaran PowerPoint dan Macromedia Flash dalam Peningkatan Hasil Belajar pada Sub Pokok Struktur dan Fungsi Sel di SMA Negeri 1 Luragung

Microsoft PowerPoint dan Macromedia Flash merupakan software pembelajaran berbasis komputer sebagai alat presentasi dengan berbagai fitur menu yang mampu menjadikannya sebagai media pembelajaran yang menarik dengan kemampuan pengolahan teks, warna, dan gambar serta animasi-animasi yang bisa diolah sendiri sesuai kreativitas penggunanya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mengkaji hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis komputer dengan penggabungan Microsoft PowerPoint dan Macromedia Flash. (2)Mengkaji hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis komputer dengan penggabungan Microsoft PowerPoint dan Macromedia Flash. (3)Mengkaji perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis komputer dengan penggabungan Microsoft PowerPoint dan Macromedia Flash dengan yang tidak menggunakannya. (4)Mengkaji respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dengan penggabungan Microsoft PowerPoint dan Macromedia Flash.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-September 2010. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Luragung yang berjumlah 215 siswa. dan sampel di ambil 2 kelas XI IPA 1 dan XI IPA 1 dimana kedua kelas tersebut kelas eksperimen dan kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sample.
Hasil penelitian (1)hasil belajar siswa kelas kontrol mean pretest = 34,09 dan mean postest = 54,57. (2)Adanya peningkatan hasil belajar kelas eksperimen, mean pretest = 37,31 dan mean postest = 66,00. (3)Terdapat perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar yaitu 66,00 untuk kelas eksperimen dan 54,57 untuk kelas kontrol berarti Ho ditolak. (4)Berdasarkan skor angket bahwa 60% responden menjawab sangat setuju terhadap penggunaan media CAI.
Kesimpulan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran CAI dengan penggabungan Microsoft PowerPoint dan Macromedia Flash mengalami peningkatan yang cukup baik dan sebagian besar siswa memberikan respon positif untuk penggunaan Media Pembelajaran CAI dengan penggabungan Microsoft PowerPoint dan Macromedia Flash ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kemenangan kita yang paling besar bukanlah karena kita tidak pernah jatuh, melainkan karena kita bangkit setiap kali jatuh (Confusius)

About

Created by : shinö ändrä


2011-2012 © Mähä Cintä. All Rights Reserved.

Template Design by Shino Andra